Sunday, April 7, 2013

Perbandingan Notebook dan Tablet, Untuk Pekerjaan Kantor Anda


Perbandingan Notebook dan Tablet, Untuk Pekerjaan Kantor Anda | Notebook vs Tablet mana yang lebih efisien untuk menunjang pekerjaan kantor anda?
Sebuah notebook diciptakan untuk menunjang serta memudahkan pekerjaan. Dengan sebuah laptop, Anda bisa mengerjakan pekerjaan kantor di luar ruangan. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, terciptalah sebuah tablet.
Tingkat penjualan tablet pun mengalami trenpositif dari waktu kewaktu. Bahkan beberapa vendor pun terpaksa membatasi jumlahproduksi netbook yang merupakanversi mini notebook. Namun, apakahsebuah tablet sudahmampumenggantikan laptop untukpekerjaankantor? Terdapatbeberapafaktor yang harusdiperhatikan.
Di jaman yang serba modern ini, komputersudahmenjadibagiandarikebutuhanhidupsebagianbesar orang karenabanyakmembantubaikuntukmendukungpekerjaanmaupunhanyadigunakansebagaiperangkatpelengkapdalamkehidupansehari – hari. Hal inijuga yang menjadikanperkembanganteknologi notebook atau laptop darimasakemasaselaluberubahsesuaidengan trend dankebutuhankarenafungsinya yang begitubesarkhususnyadalammemudahkanAndauntukmengerjakanpekerjaankantor, sehinggaAndadapatmengerjakannyadimanasaja, baikdidalamruagan, diluarruanganatausedangdalamkeadaan mobile atau “on the way” sekalipun. Karenatuntutankebutuhandanperkembanganteknologiinilahsehinggaterciptaapa yang sekarangkitakenalsebagai“ tablet.
Saatinitabletmerupakansebuahperangkat yang sedang trend dansemakinharimengalamikenaikanpengguna yang signifikan, olehsebabitu pula beberapaprodusenatau vendor netbook membatasijumlahproduksi mini notebooknya. Dengankehadiranperangkat tablet saatiniapakahfungsinyasanggupuntukmenggantikanfungsi laptop yang sudahterkenalkinerjanyadalamhalmemudahkanataumendukungperkerjaankantorAnda? UntukitupatutbagiAndauntukmemperhatikanbeberapahalsepertidibawahini:

PerbandinganKemampuanMobilitas
Untukhal yang satuini, tentunyamobilitaspada tablet lebihmemilikikeunggulansehinggamemberikankemudahan yang lebihuntukAndaapabiladibandingkandenganmobilitaspadalaptop. Sebuah laptop padaumumnyamemilikiberathingga 1,5 Kg, darisegibobotinitentunyacukupmembuatbebanbagiAndakhususnya yang sering mobile, karenaharusmembawabeban laptop yang lumayanberat. Sedangkanbobot yang dimilikisebuah tablet, biasanyatidakkurangdari 1 Kg.
PerbandinganKemudahanDalamPemakaian
Fitur touch Screen ataufungsilayarsentuhsebuah tablet terkadangbagisebagian orang yang tidak friendly padafituriniakancukupkesulitanpadasaatmengoperasikannya. KhususnyaAnda yang telahterbiasamenggunakansebuahkeyboard untukmengetik. Akan tetapi, saatinibeberapaproduk tablet telahmengahdirkan docking keyboard untukmendukungfiturpengetikan. Disampingitu, Andajugadapatmembeliaksesoristambahanseperti wireless keyboard yang beberapa di antaranyatelahkompatibeldengan Android tablet.
Hal lain yang taklupudariperhatiantentunyaadalahkapasitaspenyimpananatau memory storage. Dari segi memory, tentunya notebook mempunyaikeunggulan yang lebihkarenamempunyaikapasitaspenyimpananatau memory yang lebihbesar. Sedangkanpadasebuah tablet biasanyahanyamempunyaimemori internal yang tentunyaterbatas. Namunkekurangantersebutsaatinidapatdiatasidenganadanyateknologi cloud computing.
Masukkedalamurusansoftware, dalammemperolehaplikasi – aplikasipendukungnampaknya tablet tidakterlalukesulitankarenasaatinibanyakpenyediaaplikasi – aplikasi android tablet menyediakannyabaik yang berbayarmaupun yang gratisan. Pada platform iOSdanAndroid, sudahtersediabeberapa program yang berasaldariversi notebook. Di antaranyaadalahaplikasi office, aplikasi edit foto, edit video dan lain-lain.
PerbandinganHarga
Dari segiharga, tablet Android bisaAndadiperolehdenganharga yang lebihmurahdibandingkandengan Notebook. KarenaAndabisamendapatkanberbagaijenis tablet Android dengankisaranhargamulaidariRp. 1 jutaanhingga Tablet denganharga yang high end atau yang dibanderol di atasRp. 5 jutaan. Sementaraitu, iPad dijualdenganharga yang setaradengan tablet Android high end. Demikianjugadengan tablet Windows yang kebanyakanmasihdijualdenganhargamahal.
Iniberbedadengan laptop, karenadenganharga yang sama, andasudahdapatmemilikisebuah laptop denganspesifikasi yang lebihbagus. Contohnya, bilaAndamemiliki budget sebesarRp. 3 juta, Andasudahbisamempunyaisebuah laptop denganprosesor dual core dan LCD / layar 14 inch. Sedangkanapabilaandaberminatuntukmemilikisebuah tablet denganharga yang sama, Andahanyaakanmedapatkansebuah tablet denganprosesor dual core namun LCD/layarhanyaberukuran 7 inch.
Kesimpulan
Dari ketigaperbandingan antaramemilih Notebook dan Tablet di atas, dapatkitasimpulkanbahwasebuah tablet mampumenawarkanperforma yang lebihsehinggadapatAndagunakanuntukberbagaijenispekerjaankantor. Akan tetapi, untuk melakukannya, Andanampaknyaharusmemilikisebuahperangkat tablet denganspesifikasi yang tinggi, terutama untuk pekerjaan kelas berat. Sedangkan jika Anda hanya memiliki budget yang minim, sepertinya notebook adalah pilihan yang bijak.

No comments:

Post a Comment